Sunday, December 6, 2015

Cara Mengetahui ID Widget Blogger

Flat Widget Icon

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui ID suatu widget blog. Tapi terlebih dahulu apa saja keuntungan jika mengetahui ID suatu widget? Pertama sobat akan bisa mengembalikan widget tersebut meskipun telah terhapus. Kedua untuk memodifikasi kode HTML blog tersebut, dan fungsi lainnya yang mungkin tidak saya ketahui.

ID widget (atau yang biasa disebut sebagai gadget) pada dasarnya merupakan nomor urut pembuatan widget tersebut, misalnya untuk widget HTML/Javascript yang pertama kali sobat buat di sebuah blog akan diberikan nomor ID dengan "HTML1", kemudian widget (yang sama) selanjutnya diberi ID "HTML2" dan begitulah seterusnya, ID ini sebenarnya berfungsi untuk membedakan antara widget yang satu dengan widget yang lain sehingga dapat diberi nilai CSS masing-masing dalam style yang berbeda.

Disini saya memiliki dua cara untuk mengetahui ID widget, cara pertama melalui Dashboard - Tata Letak di blogger dan yang kedua melalui Edit HTML. Nah, saya akan menjelaskan kedua cara tersebut.

Cara Pertama

Pertama-tama, buka Blogger sobat kemudian buka Tata Letak. Setelah itu akan muncul berbagai macam widget blog sobat. Terlebih dahulu tentukan widget mana yang ingin sobat ketahui ID nya, kemudian arahkan kursor ke tombol Edit dari widget tersebut, tetapi jangan di klik, cukup arahkan saja kursor kesana. Lalu perhatikan gambar berikut.

Cara Mengetahui ID Widget Blogger

Perhatikan kotak berwarna merah pada gambar diatas, terdapat tulisan widgetId=HTML2, HTML2 merupakan ID dari widget HTML/JavaScript yang ada pada gambar diatas. Dengan begitu sobat telah mengetahui ID untuk widget yang di inginkan.

Cara Kedua

Hampir sama dengan cara pertama, terlebih dahulu buka dashboard blogger sobat, kemudian pilih Template > Edit HTML. Perhatikan pada menu Lompat ke widget, ketika di klik akan muncul berbagai ID dari widget blog kita. Nah, itu dia ID nya, ketika salah satu ID tersebut di klik, maka akan mengarahkan ke kode HTML letaknya di blog (bukan kode HTML widgetnya).

Cara Mengetahui ID Widget Blogger

Nah, mungkin cukup dari saya tentang cara mengetahui ID widget di blog. Jika ada sesuatu yang ingin sobat tanyakan silahkan di kotak komentar dibawah atau melalui halaman Contact yang ada pada menu blog di bagian atas. Terima kasih assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu.
Disqus Comment
Parse Tool