Saturday, December 5, 2015

Cara Membuat Contact Form di Blog dengan Google Drive

General Phone Wallpaper

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu, dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat contact form di blog tetapi dengan menggunakan jasa Google Drive. Mungkin sebelumnya sobat pernah menggunakan contact form yang disediakan oleh blogger. Sebelum itu, kita perlu nanya, apa sih itu contact form? Nah, jadi contact form itu adalah formulir pengisian untuk menyampaikan suatu pesan tertentu kepada pemilik blog atau pemilik website, nah formulir itu biasanya dipasang di blog atau web si pemilik tersebut.

Namun pada kasus yang saya alami, contact form yang terpasang di blog saya tidak berfungsi, entah apa penyebabnya, oleh karena itu saya ingin memberi solusi kepada sobat lain yang mungkin mengalami masalah yang sama. Baiklah kita mulai cara pemasangannya, pertama-tama buka google drive, atau silahkan buka link berikut. Jika sobat ingin melihat contoh halaman contact form dengan menggunakan google drive, juga bisa di halaman Demo berikut.


Langkah Pertama

Buatlah sebuah formulir baru, klik tombol Baru > Lainnya > Google Formulir. Kemudian akan muncul jendela pengeditan formulir, tampilannya kurang lebih seperti dengan Microsoft Office.

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Pada contact form yang akan kita buat terdapat tiga pertanyaan utama yang nantinya akan di isi oleh pengunjung, pertama yaitu mereka harus memasukkan Nama, Alamat Email beserta Komentar mereka dimana ketiga pertanyaan ini wajib mereka isi.

Langkah Kedua

Baiklah, langsung saja, isi judul formulir beserta deskripsi formulir sesuai dengan keinginan sobat. Pada Judul Pertanyaan isi dengan Nama, teks bantuan isi dengan Masukkan nama anda, lalu ganti jenis pertanyaan dari Pilihan berganda menjadi Teks. Pada bagian bawah centang kotak Pertanyaan wajib, kira-kira tampilannya akan seperti gambar berikut, nah kemudian jika sudah klik Selesai.

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Langkah Ketiga

Pertanyaan untuk memasukkan nama pengunjung telah kita buat, selanjutnya kita membuat kotak pertanyaan untuk memasukkan alamat email. Klik Tambah item kemudian akan muncul kotak yang sama dengan sebelumnya, ganti :
  • Judul Pertanyaan dengan Alamat email.
  • Teks Bantuan dengan Masukkan alamat email anda.
  • Jenis Pertanyaan dengan Teks.
Kemudian klik Setelan lanjutan, centang Validasi Data lalu pilih Teks dan disampingnya pilih Alamat email. Jadi tampilannya kira-kira akan seperti berikut ini. Jika sudah selesai tekan Selesai.

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Langkah Keempat

Kembali klik Tambah item, setelah itu ganti :
  • Judul Pertanyaan dengan Subjek.
  • Teks Bantuan dengan Masukkan pesan anda.
  • Jenis Pertanyaan dengan Teks Paragraf
centang Pertanyaan wajib dan tekan Selesai. Nah, sekarang contact form yang kita buat siap disisipkan ke blog. Tetapi sebelum hal itu dilakukan sobat bisa mengganti tampilan contact form sobat agar sedikit lebih artistik.

Langkah Kelima

Perhatikan menu-menu yang terdapat di bagian atas, perhatikan tombol Edit pertanyaan dan Ubah tema yang saling berdekatan, tekan Ubah tema, tampilan contact form akan berubah, disini sobat dapat memilih tema yang sobat sukai, pilih tema yang ada di sebelah kanan.

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Langkah Keenam

Setelah menemukan tema yang sesuai, selanjutnya sobat perhatikan dibagian bawah, pada bagian Laman Komfirmasi, centang pada bagian Bolehkan responden mengedit tanggapan setelah diserahkan agar pengunjung dapat meng-edit pesan yang telah di kirimnya.

Setelah itu, tekan Kirim formulir, akan muncul tampilan Kirim formulir, tekan tombol Sematkan, kemudian ganti ukuran lebar dan tinggi (dalam satuan pixel) contact form sobat sesuai dengan kebutuhan, lalu copy kode HTML yang tampil diatasnya.

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Membuat Contact Form dengan Google Drive

Setelah kode HTML di copy, buatlah sebuah halaman baru di blog sobat, kemudian pada mode penulisan ganti dari Compose menjadi HTML, lalu paste code HTML yang telah di copy tadi. Setelah itu publikasikan dan lihat hasilnya.

Mungkin cukup sekian dari saya, jika ada yang ingin sobat tanyakan, silahkan sampaikan di kotak komentar di bagian bawah halaman ini, atau bisa juga melalui page Contact. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comment
Parse Tool