Sunday, December 6, 2015

Cara Aktifkan Sort by Relevance Google CSE di Blog

Google Circle Wallpaper

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang lanjutan dari posting sebelumnya, yaitu tentang Google Custom Search Engine. Disini saya akan membahas mengenai cara mengatur agar hasil pencarian blog di urutkan sesuai relevansinya. Perhatikan hasil pencarian pada gambar berikut.

Cara Aktifkan Sort by Relevance Google CSE di Blog

Pada bagian Sortir menurut: bernilai Relevance. Itu artinya hasil pencarian di urutkan berdasarkan tingkat relevannya. Untuk sobat yang telah membuat custom search engine, namun hasil pencariannya tidak diurutkan sesuai tingkat relevan, maka sobat bisa mengaturnya.


Pertama-tama, buka Google CSE. Setelah itu pilih mesin telusur yang telah anda buat, kemudian buka pada menu Fitur penelusuran, pilih tab Lanjutan, lalu aktifkan Penyortiran hasil.

Cara Aktifkan Sort by Relevance Google CSE di Blog

Dengan demikian, hasil pencarian custom search engine di blog sobat sudah bisa diurutkan sesuai tingkat relevannya. Namun pada beberapa kasus, tampilan menu scroll down Sortir menurut: Relevance bentuknya agak kacau. Sobat bisa menambahkan kode CSS berikut, semoga bisa memperbaiki tampilannya.

.gsc-selected-option-container{width: 120px!important;}
* {box-sizing: content-box !important;}

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat, apabila ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu.
Disqus Comment
Parse Tool