Friday, December 11, 2015

Membuat Recent Posts di Halaman Statis Blog

Membuat Recent Posts di Halaman Statis Blog

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu, baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat recent posts di halaman statis blog. Terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa sih itu recent posts. Jadi seperti ini, recent dalam bahasa Inggris artinya baru/belakangan sedangkan post artinya posting, maksudnya adalah posting terbaru yang dibuat, jadi recent post ini akan mengurutkan posting-posting yang telah dibuat dari yang terbaru ke yang terlama.

Sekarang pertanyaannya, mengapa harus di halaman statis? Karena di widget sudah terlalu mainstream. Hahah, bukan, bukan karena itu, saya membuatnya di halaman statis karena nantinya saya akan membuat yang di widget blog. Ohiya, untuk demo bisa dilihat pada alamat berikut ini.


Baiklah langsung saja kita akan membuat semacam widget recent post tetapi di halaman statis. Pertama-tama sobat buka Blogger, setelah itu buatlah sebuah laman (biasa disebut halaman statis). Ganti mode penulisan dari Compose menjadi HTML, copy lalu paste kode berikut ini sesuai jenis recent post yang sobat inginkan.

Short by time

<script src="https://rawgit.com/maringngerrang/js/master/by-time.js"/></script>
<script src="http://www.maringngerrang.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Short by label

<script src="https://rawgit.com/maringngerrang/js/master/by-label.js"/></script>
<script src="http://www.maringngerrang.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Setelah itu ganti maringngerrang dengan alamat blog sobat. Setelah itu publikasikan halaman statis tersebut dan silakan sobat lihat hasilnya.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat, apabila ada yang ingin sobat tanyakan, silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini, terima kasih assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments