Tuesday, December 15, 2015

Tentang Kelas Matematika 2014, FMIPA UNM

Tentang Kelas Matematika 2014, FMIPA UNM

Kali ini saya akan memberikan pembahasan khusus, tentang internal dari FAKTOR14L. Pada jurusan matematika, angkatan 2014 terdiri dari 4 kelas yang terbagi dari 3 program studi, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika ICP (International Class Program) dan Matematika. Oleh karena itu dalam posting kali ini saya akan memberikan pembahasan spesial, pembahasan mengenai kelasku, kelas Matematika.

Kelas yang kerap disebut sebagai kelas "matematika sains" ini merupakan satu diantara empat kelas yang ada di jurusan matematika, kelas ini dinaungi oleh Prodi (Program Studi) matematika yang dipimpin oleh seorang ketua prodi, pak H. Sukarna, S.Pd merupakan ketua prodi kami. Kelas ini awalnya berisi 29 orang, namun pada semester 1, 2 diantara teman kami berhenti dari studinya, yaitu Dian Nur Fitri dan Risqa Bahriah, lalu pada semester kedua dua diantara teman kami lagi-lagi berhenti dari studinya yaitu Rahman Ikbal Akib dan Irham Ariyandi Basir, dan kini mahasiswa aktif di kelas ini tersisa 25 orang. Berikut inilah mereka,

Abdul Kadir

“Sukses yah say.” Kata-kata menggelikan yang sering diucapkan olehnya. Namanya Abdul Kadir, Kadir merupakan sapaan yang sering digunakan untuknya, dia adalah orang yang cukup hiperaktif di kalangan gentleman kelas kami. Namun meskipun demikian dia adalah orang yang cukup seru dan asyik untuk diajak bercanda. Kadir juga merupakan orang yang cukup rajin dalam hal akademik dan sangat memperhatikan tentang tugas-tugasnya.

Mahasiswa asal Sidenreng Rappang ini adalah orang yang cukup dikenali oleh dosen-dosen dan kakak kelas kami, selain karena cerewet, postur tubuh yang lebih diantara yang lain juga merupakan ciri khasnya :v. Pesan dari Kadir, “Dicintai lebih baik daripada mencintai.”

Afni Indriani

Selanjutnya mengenai satu-satunya teman kami asal NTB (Nusa Tenggara Barat), lebih tepatnya Bima. Namanya adalah Afni Indriani, panggil saja Afni (bukan Indri apalagi Ani). Kebanyakan dari kami memaggilnya “sandro” (dalam bahasa Bugis), yaitu orang yang memiliki kemampuan spiritual khusus, Allah memberinya mukjizat (kayak Nabi yah, subhanallah).

Ada satu pesan dari Afni, “Tetaplah rajin sholat dan rajin belajar.”

Agusriani

Nah, selanjutnya mengenai salah satu temanku yang cukup berbakat dalam hal memasak, namanya Agusriani, dia kerap disapa dengan panggilan Agu’ (jangan pernah memanggilnya Agus), namun aku memanggilnya Uga.

Dia adalah orang yang cukup konsisten terhadap pendiriannya, meskipun telihat cukup pendiam namun dia adalah orang yang seru untuk diajak bercanda. Dalam hal akademik dia adalah orang yang cukup tekun, tidak ada tugas yang tidak terselesaikan olehnya. :D Satu hal yang ingin ia sampaikan, “Allah tidak butuh anda tapi anda lah yang butuh Dia, maka lakukan yang terbaik untuk-Nya.”

Ahmad Firjatullah Hakim

Namanya adalah Ahmad Firjatullah Hakim, dia bisa dipanggil Firja (atau Firjin). Haha. Orang yang berasal dari kabupaten Bantaeng ini merupakan ketua tingkat dari kelas kami, ketua tingkat disebut ketua kelas sewaktu di bangku sekolah. Firja adalah orang yang cukup ramah dan suka menolong sesama jenis :v

Dia adalah orang yang ahli pada bidang matematika (pastimi itu), selain itu dia juga adalah orang yang paling banyak menarik perhatian lawan jenisnya, selain karena penampilan juga karena kemampuannya di bidang pelajaran dan agama, wow hebat. Satu pesan yang ingin disampaikan Firja, “Belajar bukanlah jalan satu-satunya untuk sukses, maka kenali potensi dirimu!”

Amalia Ansar

Namanya Amalia Ansar, dia dapat dipanggil Ame tapi tidak untuk Ama (ibu). Ame ini adalah orang yang jarak SMA nya ke Makassar paling jauh, dia lulus dari SMA 2 Merauke, siapa yang tidak kenal dengan tempat SMA nya itu, “Dari sabang sampai Merauke...” =D

Ame merupakan orang yang gokil dan bersikap lebih kedewasaan (bukan ketuaan), bagi kami semua Ame sudah dianggap seperti kakak tempat mengaduh dan membasuh peluh serta segala piluh XD

Dibalik itu semua, Ame adalah orang yang dapat diandalkan, peduli terhadap sesama dan pandai berteman.

Arifuddin R

Selanjutnya mengenai salah satu gentleman yang cukup cool, karena dia dilahirkan disamping kulkas =D. Namanya adalah Arifuddin R, biasanya dia dipanggil Arif. Dalam hal menganalisa kata-kata dia sangat suka mengkritik. Arif merupakan orang yang sedikit pendiam dibandingkan yang lain, bahkan ketika tertidur dia pun tetap diam.

Pesan dari Arif, “Jangan pernah mengharapkan hasil yang maksimal jika usahamu belum maksimal.”

Arli Magfirah Utami

Inilah satu-satunya saingan bagi Reza dari segi nilai. Namanya Arli Magfirah Utami, kadang dia dipanggil Arli (bukan Arly, apalagi Arlai), orang asal Bantaeng, Sulawesi Selatan ini memiliki karakter belajar yang sangat berbeda dengan Reza, dari penampilan Arli adalah orang yang sangat santai, kata pepatah "air tenang menghanyutkan".

Selain itu Arli juga merupakan salah satu teman kami yang cukup tergila-gila dengan arits-artis dari negara tetangga (yang terlintas di benak kalian pastilah korea), dari EXO sampai SNSD bahkan mungkin Sungha Jung, mungkin lagu-lagu mereka sudah menjadi pengantar tidur baginya.

Asman

Namanya adalah Asman, jangan tanya nama panggilannya apa. Orang asal Sengkang, Sulawesi Selatan ini adalah orang dengan karakter tegas, konsisten, singkat, padat dan jelas, sesingkat namanya. Dalam ujian nasional dia adalah satu dari sekian orang yang tidak direpotkan menulis nama pada LJK (lembar jawaban komputer).

Asman ini merupakan orang yang cukup ahli dalam bidang geometri dan komputer, namun entah kenapa penampilannya cukup identik dengan dosen mata kuliah geometri kami. Asman juga memiliki satu kebijakan yang cukup matematis, khususnya geometris, "Selalu meninjau dari sisi yang berbeda."

Besse Nur Afni

Namanya adalah Besse Nur Afni, nama panggilannya cukup tradisional dan mencerminkan suku asalnya, Besse. Nama itu merupakan nama yang cukup familiar di kalangan orang-orang bugis. Respect!

Dibalik itu semua Besse ini merupakan orang yang dapat dipercaya, dibuktikan dengan terangkatnya dia menjadi bendahara umum, di kostnya. Kabar gembira untuk kita semua, bendahara kini ada ekstraknya versi kost-kost-an-nya =D

Elfira Hariyanengsih A

Selanjutnya perkenalkan namanya Elfira Hariyanengsih A, dia biasanya dipanggil dengan sebutan Elfi, meskipun dari namanya mungkin akan terlintas bahwa dia adalah orang yang jaim (jaga image) dan aggun bak putri keraton, namun Elfi yang satu ini adalah orang yang cukup cerewet selain Nurul. Namun meskipun demikian, orang yang cukup bersahabat dengan Rara memiliki sedikit kesamaan dengan Rara, yaitu sama-sama hobi menghafal Qur'an. Respect!

Satu pesan yang ingin Elfi sampaikan, "Karena hidup adalah sebuah persaingan, hanya pemenang yang akan bisa bertahan."

Hasriani

Pendiam, solehah, dan tenang, itulah ciri khas dari Hasriani, panggil saja dengan sebutan Ani. Diantara ladies kelas kami dialah yang terhemat, hemat ngomong. Dibalik itu Ani mungkin adalah orang yang sangat Nasionalis, rutin melakukan hening cipta. =D

Namun meskipun demikian, Ani adalah orang yang cukup bisa diandalkan, terutama dalam hal kerja kelompok.

Indah Permatasari

Untuk urusan K-Pop dan drama korea dialah teman sejoli bagi Arli, namanya Indah Permatasari, nama panggilannya adalah Indah. Dia memiliki sedikit kesamaan dengan Reza, namun bukan dari segi nilai IP, melainkan kebiasaan pulang kampung, kampungnya memang cukup dekat, di Galesong Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Muh. Hadi Purnomo

Blablabla

Muh. Nahdi Alim Asyhari

Namanya adalah Muh. Nahdi Alim Asyhari, dia biasa dipanggil Nahdi. Nahdi merupakan teman kami yang jarak rumahnya terjauh kedua setelah Rahmat, namun jarak tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap rajin datang ke kampus, selain untuk belajar, cuci mata, tetapi juga untuk bertemu dengan pujaan hatinya, ciiieee :D

Meskipun demikian dia adalah orang yang sangat ramah dan suka menolong sesama (bukan hanya sesama jenis). Nahdi juga merupakan orang yang rajin, misalnya rajin makan dan rajin tidur, dalam suasana apapun dia dapat tertidur ketika bertemu dengan Mr. Bantal Guling. =D

Pesan yang ingin Nahdi sampaikan, "Bahagia itu sederhana, cukup melihat orang yang kita sayangi itu tersenyum bahagia."

Muhammad Odie Surya Alamsyah

Namanya adalah Muhammad Odhie Surya Alamsyah, orang-orang memanggilnya Odi, namanya agak mirip dengan salah satu karakter dalam film Garfield (tidak usah disebut) =D

Orang yang berasal dari Sengkang ini merupakan orang yang cukup pendiam, namun dibalik itu dia adalah orang yang menjadi incaran para ladies, banyak ibu-ibu yang tertarik padanya, mungkin lebih tepatnya calon ibu-ibu.

Selain itu Odi juga merupakan orang yang ramah serta pandai menolong, rajin dalam akademik dan aktif dalam berteman. Hanya saja usaha teman-teman dan ayahnya untuk mencarikannya seorang pacar masih belum tercapai.

Nurhaeda

Tekun, pendiam dan polos merupakan ciri khas oleh teman kami yang satu ini. Namanya adalah Nurhaeda, dia biasa disapa Eda. Diantara kami dia merupakan orang yang memiliki gaya tulisan yang paling rapi, perbedaan tulisannya dengan hasil mesin komputer sangat kecil, bagaikan epsilon dan nol, maklum, asisten perpustakaan jurusan =D Selain itu Eda juga merupakan orang yang sangat sopan dan pandai menghargai perasaan orang.

Nurmayanti

Namanya adalah Nurmayanti, untuk nama panggilannya terdengar cukup menyenangkan bagi para jomblo, dia biasa dipanggil Umma :D

Meskipun cukup pendiam Umma merupakan orang yang seru untuk diajak bercanda, mungkin karena dia salah satu penggemar MCI (Meme Comic Indonesia).

Satu pesan yang ingin disampaikannya, "Jika lingkunganmu keras banyaklah diam, namun jika lingkunganmu anggun banyaklah mendengar."

Nursaadah

Perkenalkan (saudari kembar dari Eda) hahaha. Dilihat sepintas dia memiliki sedikit kemiripan dengan Nurhaeda baik itu dari segi postur tubuh maupun dari nama, membedakan mereka berdua bagaikan memisahkan beras asli dan beras sintetis. Namanya adalah Nursaadah, untuk nama panggilan entah apa yang cocok (sebaiknya jangan di panggil Ada) tapi kami biasa memanggilnya Sa’ad. Berbeda dengan (saudari kembarnya) Eda, Sa’ad merupakan orang yang lebih cerewet dan cukup kocak diajak bercanda.

Bagi Sa’ad, “Sahabat sejati adalah buku.”

Nurul Hikmah Safitri

Orang ini adalah salah satu temanku yang bisa dibilang menonjol dalam kelas, baik itu dalam bidang akademik maupun ributdemik. Haha. Kalau membahas mengenai pelajaran dia cukup berbakat di bidangnya yaitu matematika bisa dilihat dari IPK yang dia peroleh, tinggi selayaknya UKT yang dibayarnya. XD

Sebuah pesan yang ingin disampaikan Nurul. “Berhenti berfikir dan lakukan sesuatu yang nyata.”

Rabiahtul Adawiyah


Makan cireng khas dari sunda
Sudah dimakan hati bahagia
Sepolos-polosnya tingkah Eda
Mungkin lebih polos tingkah Rabiah

Perkenalkan, namanya adalah Rabiahtul Adawiyah, biasanya dia dipanggil Rabiah, lebih singkat lagi Bia. Namanya mungkin terdengar sedikit familiar, namun berbeda dengan sejarah Rabiah Al-Adawiyah, teman kami ini bukanlah orang yang tidak peduli dengan kehidupan duniawinya, dia senantiasa semangat menghadapi kuliah dan tugas-tugasnya, ciyeeee :D

Menurut pandangan teman-teman Rabiah bisa dibilang lebih polos lagi dari Eda dalam hal berbicara. Akan tetapi Bia adalah orang yang ramah dan seru untuk diajak bercanda. Satu pesan dari Bia, "Jangan menyerah atas impianmu, impianmu memberikan tujuan hidup. Ingatlah sukses bukan kunci kebahagiaan, kuncinya tetap semangat!"

Rahmat

Selain Asman ada lagi satu teman kami yang namanya tidak kalah singkat, nama yang penuh dengan rahmat, namanya adalah Rahmat, untuk mencari nama panggilan mungkin akan rumit jika mencari selain dari itu, jadi panggil saja dia Rahmat :D

Meskipun demikian jarak rumahnya ke kampus tidak sesingkat namanya, Rahmat adalah salah satu teman kami yang merupakan orang makassar (original alias asli).

Namun Rahmat adalah orang yang patut diacungi jempol (y) karena meskipun jarak Daya (alamat rumahnya) ke Parantambung (alamat kampus) yang dua-duanya berada pada masing-masing ujung kota Makassar dalam peta tetapi Rahmat hampir tidak pernah terlambat datang ke kampus, you're the real mvp bro!

Raihana Nur Fitrah

Selanjutnya adalah Raihana Nur Fitrah, dia dapat dipanggil Rara, bukan Lady Rara apalagi Gentle Rara, sama seperti Rahmat (bukan jarak rumahnya), Rara juga merupakan orang yang berasal dari Makassar. Rara merupakan orang yang sangat gemar menghafal, dari menghafal Al-Qur'an hingga menghafal hutang temannya =D

Satu hal yang ingin Rara sampaikan, "Perbanyaklah menggunakan telinga dibandingkan mulutmu."

Reza Arisandi

Untuk urusan pulang kampung dia ini ahlinya, dalam sepekan tidak akan afdol tanpa pulkam (pulang kampung). Namanya adalah Reza Arisandi, called him Reza, dia adalah satu dari dua teman kami yang IPK over dose, selain karena memiliki otak cemerlang dan doa, sangat aktif dalam belajar juga yang membuatnya bisa memiliki nilai seperti itu, memang otak teman kami yang satu ini lancar, selancar pulang kampungnya.

Bagi Reza, "Impian memang tidak menjamin kita sukses, tapi tanpa impian jangan pernah bermimpi untuk sukses."

Serly Diliyanti Restu Ningsih

Selanjutnya tentang temanku yang bisa dibilang cukup eksis di kalangan kakak kelas (alias senior). Namanya adalah Serly Diliyanti Restu Ningsih, kalian bisa memanggilnya Serly, dia cukup ramah dan mudah diajak bercanda.

Mahasiswi kelahiran Madiun, Jawa Timur ini memiliki salah satu kelebihan yang cukup menonjol, yakni dia merupakan orang yang tekun dan bertanggungjawab dalam menghadapi berbagai persoalan. Pesan yang ingin disampaikannya, “Satu tindakan lebih berharga dari seribu teori.”

Sri Ayu Devi

Dan ini dia orang yang memiliki hobi paling menyebalkan bagiku, namanya Ayu, selengkapnya Sri Ayu Devi, mungkin dia adalah salah satu orang yang sangat hobi mem-bully ku, disitu kadang saya merasa dibully. Namun meskipun demikian Ayu adalah orang yang cukup seru dan asyik, dia cukup aktif dalam akademik dan akagame nya =D

Meskipun bukan gamers namun Ayu adalah orang yang selalu menyempatkan diri memainkan permainan favoritnya, Get Rich, salah satu permainan online yang dapat menyebabkan kanker serangan jantung impotensi dan gangguan kehamilan dan janin X_X

Satu hal yang menjadi prinsip bagi Ayu, "Sukses merupakan sebuah keharusan."
Disqus Comments