Sunday, December 6, 2015

Cara Agar Posting Blogger Auto Read More Tanpa JavaScript

Cara Agar Posting Blog Auto Read More Tanpa JavaScript

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu. Mungkin teman-teman sudah tahu seperti apa itu homepage (halaman beranda dari sebuah blog. Hommepage merupakan halaman awal pada sebuah situs yang menampilkan isi utama dari situs tersebut, pada sebuah blog homepage akan menampilkan beberapa posting terbaru dari blog tersebut, umumnya sebuah homepage blog hanya menampilkan cuplikan dari beberapa posting terbarunya. Jadi yang tampil adalah judul dari posting blog tersebut beserta beberapa isi dari masing-masing posting, kemudian biasanya akan ada tombol yang memungkinkan pengunjung untuk melanjutkan membaca lebih lengkap dan menuju halaman posting tersebut, inilah yang disebut read more.

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada blog yang dibuat dari Blogger, pada dasarnya saat membuat blog, homepage dari blog tersebut bukannya menampilkan cuplikan dari posting blog tersebut namun menampilkan seluruh isi dari sebuah posting. Lalu apa salahnya dengan hal ini? Sebenarnya sah-sah saja, namun hal tersebut akan membuat blog tampak terlalu ramai dan akan memakan waktu lebih lama untuk memuat keseluruhannya. Jadi bayangkan seperti ini teman-teman, ketika anda membuka (seumpama) 5 halaman posting blog sekaligus dalam satu halaman.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut disediakan sebuah fitur jump break yang dapat digunakan pada saat menulis sebuah posting. Fitur ini memungkinkan agar pada halaman homepage bagian posting tidak semuanya yang tampil, jadi yang tampil hanya bagian atas dari bagian di mana jump break diletakkan. Akan tetapi jump break ini masih punya sebuah kelemahan, yaitu kita harus menambahkan jump break satu per satu pada setiap posting. Sebenarnya sih tidak terlalu sulit juga, hanya perlu senantiasa mengingat untuk menambahkannya pada saat penulisan posting, yah itu kalau ingat, kalau lupa maka akan tetap muncul semua. Jadi pada posting ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat artikel di blog terpotong otmotasi (auto read more) tanpa menggunakan javascript.

Sebenarnya mungkin sudah banyak blog lain yang membahas tentang membuat auto read more yang mungkin teman-teman sudah baca, namun pada umumnya kebanyakan orang menggunakan kode jenis javascript untuk membuat auto read more. Namun perlu teman-teman ketahui bahwa menggunakan banyak kode javascript pada blog akan membuat masa loadingnya sedikit lebih lama dan tentunya ini mempengaruhi tingkat SEO (Search Engine Optimization) untuk blog tersebut, jadi sebaiknya kurangilah menggunakan kode javascript. Untuk melihat hasil dari read more otomatis tanpa menggunakan javascript, silahkan lihat pada halaman demo berikut.


Nah, pada blog demo tersebut, posting yang tampil pada homepage otomatis terpotong (auto read more) namun tanpa menggunakan javascript. Baiklah untuk membuat blog anda juga jadi seperti itu, pertama-tama buka Blogger, pada bagian Template/Tema pilih Edit HTML, kemudian temukan kode <data:post.body/>. Anda mungkin akan menemukan lebih dari satu kode tersebut pada blog anda, oleh karena itu temukan kode <data:post.body/> yang berada di dalam tag <b:includable id='post' var='post'>. Jadi gambarannya seperti ini:

.
.
.
<b:includable id='post' var='post'>
.
.
.
<data:post.body/>
.
.
.
</b:includable>
.
.
.

Setelah itu ganti kode <data:post.body/> yang ada di atas dengan kode berikut ini.

<b:switch var='data:blog.pageType'>
<b:case value="item"/>
 <data:post.body/>
<b:case value="static_page"/>
 <data:post.body/>
<b:default />
 <data:post.snippet/>
</b:switch>

Sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar berikut ini.

Cara Agar Posting Blog Auto Read More Tanpa JavaScript

Setelah itu silahkan tekan Simpan dan lihat hasilnya, jika berhasil posting pada homepage blog anda akan terpotong secara otomatis bahkan tanpa menggunakan javascript, mudah bukan?. Mungkin cukup sekian dari saya, jika ada yang ingin teman-teman sampaikan, baik itu pertanyaan maupun kritik, silahkan di kotak komentar dibawah atau melalui halaman Contact yang bisa dibuka melalui menu blog di bagian paling atas. Terima kasih dan sampai jumpa.

Sumber : http://gibsonsnapshots.blogspot.co.id/2015/10/auto-read-more.html
Disqus Comments